ads-unit

Planet yang Dikelilingi Oleh 4 Matahari Sekaligus

0

Adakah planet yang dikelilingi oleh empat matahari sekaligus? Inilah jawabanya.

PH1 adalah planet gas raksasa sedikit lebih besar dari Neptunus dan setara enam kali lebih besar untuk sepasang bintang yang mengorbit bumi. Dan ke orbit dua bintang lainnya.

Dia berada di tempat yang berjarak 5.000 tahun cahaya dari Bumi. Bernama PH1, terinspirasi Planethunters.org website yang memfasilitasi penemuan.

Butuh waktu 138 hari bagi PH1 tersebut mengorbit dua bintang induknya yang memiliki massa sekitar 1,5 dan 0,41 kali dari Matahari. Sesama bintang itu mengitari satu sama lain sekali dalam 20 hari.

Para peneliti memperkirakan bahwa suhu PH1 minimal 251 derajat Celcius dan maksimal 340 derajat C. Terlalu panas untuk dinyatakan sebagai zona layak huni.

Adalah dua astronom amatir, Kian Jek dari San Francisco dan Robert Gagliano dari Cottonwood, Arizona yang menemukannya di antara rimba data di situs Planethunters.org. Temuan itu kemudian dikonfirmasi Amerika Serikat dan ilmuwan Inggris dengan observasi langsung di Keck Observatory.

"Empat bintang di planet untuk menciptakan lingkungan yang kompleks. Namun yang tampaknya berada dalam orbit yang stabil," kata Dr Chris Lintott, dari University of Oxford, kepada BBC.

"Ini sangat membingungkan., Tapi ini juga menjadi penemuan yang sangat menyenangkan. Banyak dari apa yang kami harapkan."

Planet yang mengorbit dua bintang yang disebut bintang biner, sistem planet dengan bintang kembar yang tidak biasa. Hanya segelintir exoplanets ditemukan mengorbit dua bintang. Namun, selain PH1, pernah menemukan planet ke orbit dari dua bintang lainnya.

Jadi muncul pertanyaan, bagaimana bisa dalam orbit stabil ketika ia dipengaruhi gravitasi dari empat bintang?

Selain itu, Dr Lintott mengatakan, ada juga enam planet lain di orbit dibangun antara bintang ganda. Dan mereka sangat dekat dengan bintang-bintang ini.

"Ini memberitahu kita bahwa planet bisa terbentuk di piringan protoplanet," katanya. "Planet-planet yang berdekatan dan mampu bertahan dalam orbit yang stabil."

Didirikan pada tahun 2010, Planethunters.org bertujuan untuk melibatkan lebih banyak orang dalam analisis data yang dikumpulkan teleskop Amerika Serikat Kepler Badan Antariksa (NASA).

Kepler diluncurkan pada Maret 2009 untuk mencari planet mirip bumi yang mengorbit bintang lain. Planet pengunjung website Hunters memiliki akses ke data yang dipilih secara acak dari salah satu Keppler ditargetkan. Sejak Desember 2010, lebih dari 170.000 orang telah berpartisipasi dalam proyek tersebut.

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .

Mohon masukkan saran / kritikan anda. Terkadang komentar akan dimoderasi karena spam, dan komentar spam akan dilaporkan ke polsek terdekat !!!