ads-unit

Wisata Gunung Burangrang

0

 




Burangrang – Memiliki ketinggian sekitar 2.050 meter diatas permukaan laut (mdpl) yang juga termasuk dalam satu rangkaian gunung tangkuban perahu dan gunung bukit tunggul. Rangkaian pegunungan ini merupakan sisa-sisa dari letusan dahsyat gunung sunda purba yang pernah terjadi pada zaman prasejarah.


Saat ini wilayah gunung burangrang telah dikelola oleh PT PERHUTANI dimana sebagian kawasannya telah dijadikan pula sebagai lokasi latihan militer oleh KOPASUS. Untuk itu untuk masuk kawasan gunung burangrang, anda harus memiliki izin terlebih dahulu dari pos penjagaan.

Lokasi Dan Transportasi
Gunung Burangrang termasuk dalam wilayah Desa kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Terdapat tiba buah jalur pendakian yang bisa digunakan untuk menuju ke puncaknya, yaitu melalui jalur komando, jalur legok haji dan jalur pangheotan.


Jika melewati jalur Komando, banyak tersedia angkutan umum yang bisa anda gunakan. Dari Jakarta, anda dapat menggunakan bus jurusan Terminal Leuwi Panjang, Bandung, ongkosnya sekitar Rp 30.000*). Dari Terminal Leuwi Panjang selanjutnya perjalanan menuju Terminal pasar atas Cimahi dengan menggunakan angkot, ongkosnya sekitar Rp 5.000*).  Dari Terminal pasar atas Cimahi kemudian berganti angkutan lagi yang menuju Desa Kertawangi dan turun di pertigaan komando, ongkosnya sekitar Rp 4.000*). Dari pertigaan komando ini anda dapat berjalan kaki menuju pos perizinan yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 30 menit atau jika tidak ingin capek anda dapat naik ojek.

Wisata
Gunung Burangrang menyimpan pesona pemandangan alam yang tak kalah indahnya dengan gunung-gunung lain di sekitarnya. Kawasan hutannya yang masih asri ditumbuhi dengan hutan Bukit, hutan Dipterokarp Atas, hutan Montane, dan hutan Ericaceous atau hutan gunung, sepertinya cukup menjadikannya sebagai salah satu lokasi yang wajib untuk dikunjungi.


Tips :
1.    Mintalah izin terlebih dahulu kepada pos penjagaan sebelum melakukan pendakian. Hal ini berguna untuk keselamatan dan keamaan anda selama dalam pendakian.

2.    Sebaiknya anda mencari tahu terlebih dahulu kapan latihan militer kopasus digelar karena anda tidak akan diizinkan melakukan pendakian saat latihan berlangsung.

3.    Bawalah data diri seperti copy KTP, SIM ataupun tanda pengenal lainnya yang berguna untuk mengurus perizinan nantinya.

4.    Bawalah peralatan dan perlengkapan standar pendakian. Jangan paksaan mendaki jika cuaca buruk.

Gunung burangrang merupakan salah satu gunung di jawa barat yang menarik untuk dikunjungi. Waktu tempuh pendakiannya yang tidak terlalu panjang dan akses transportasinya yang cukup mudah sepertinya akan cocok bagi anda untuk menghabiskan liburan disini. Mendakilah bersama teman ataupun kerabat anda, terutama mereka yang sudah paham dengan gunung ini, agar pendakian dapat lebih menyenangkan. Selamat berlibur!

About The Author

Hello, I am an web designer/developer from Melbourne, Australia. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium .

Mohon masukkan saran / kritikan anda. Terkadang komentar akan dimoderasi karena spam, dan komentar spam akan dilaporkan ke polsek terdekat !!!